Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Ciri Ciri Anjing Siberian Husky

Ciri Ciri Anjing Siberian Husky

Berdasarkan pada sejarahnya, Siberian Husky berasal dari Semenanjung Siberia dan dibesarkan oleh suku Chukchi. Awalnya mereka memelihara anjing ini untuk dimanfaatkan tenaganya seperti menarik kereta, menjaga hewan, dan menggembala rusa. Namun, jauh setelah masa itu, penduduk Alaska sering menjadikan anjing ini untuk taruhan dan diadu dengan anjing lainnya. Melihat sejarahnya, penasaran kan bagaimana ciri ciri anjing siberian husky yang hebat ini?


Morfologi dan Ciri Ciri khusus yang Dimiliki Anjing Siberian Husky

1. Bulu anjing

Ciri ciri anjing siberian husky dapat dilihat dari bulunya yang tebal. Selain itu, anjing ini juga memiliki variasi warna yang terlihat indah pada bagian bulunya. Ada berbagai macam warna bulu yang dimiliki oleh anjing ini. Ada yang memiliki bulu warna putih polos, hitam, agouti, coklat kemerahan, atau abu-abu. Pada bagian wajah, anjing ini memiliki topeng bulu berwarna putih, begitu juga di tubuhnya yang bagian bawah. Biasanya bulu pada anjing ini memiliki kombinasi warna seperti abu-abu dan putih, merah dan putih, atau hitam dan putih. 

Artikel menarik: daerah penghasil garam

2. Ukuran tubuh

Dilihat dari ukuran tubuhnya, anjing ini memiliki ukuran yang sedang. Dimana ukuran tinggi untuk anjing siberian husky jantan rata-rata sekitar 53-59 cm. Sementara untuk yang betina biasanya memiliki tinggi sekitar 50-55 cm. Sedangkan berat badan anjing yang jantan kurang lebih antara 20-27 kg, dan berat badan anjing betina sekitar 15-22 kg.

3. Telinga

Ciri ciri anjing siberian husky selanjutnya adalah dilihat dari bentuk telinga. Husky memiliki jarak antara telinga kanan dan telinga kiri anjing yang sangat berdekatan dan bentuknya tinggi ke atas. 

Artikel menarik: Daerah Penghasil Marmer

4. Warna hidung

Anjing yang ramah ini memiliki warna hidung yang disesuaikan dengan warna pada bulunya. Pada anjing yang berbulu hitam, coklat, dan abu-abu, biasanya memiliki warna hidung hitam. Sedangkan anjing dengan bulunya yang berwarna putih, hidungnya akan berwarna seperti daging. Dan anjing yang memiliki bulu copper, hidungnya akan berwarna silver.

5. Warna mata

Selain pada hidung, pada bagian mata pun memiliki macam-macam warna. Anjing siberian husky memiliki warna mata mulai dari warna biru, kuning hingga warna coklat. Ada juga yang memiliki warna mata kombinasi atau campuran seperti sebagian biru dan sebagian coklat, atau sisi kanan berwarna biru dan sisi kiri berwarna coklat.


6. Sikap anjing husky kepada manusia

Jenis anjing yang satu ini memiliki sikap yang baik, ramah, manja, lembut, jinak dan bersahabat, sekalipun dengan orang yang belum dikenalnya. Bahkan, anjing ini memiliki raut muka yang sangat menyenangkan. Selain itu, husky juga dikenal sebagai anjing yang memiliki kecerdasan dan pemikir.

7. Tingkah laku dan masa hidup

Ciri ciri anjing husky berikutnya adalah gemar melakukan aktivitas fisik, seperti lari jarak jauh. Anjing ini sangat energik, penuh semangat dan seperti tidak mau berhenti bergerak. Masa hidup anjing siberian husky kurang lebih antara 12-15 tahun. Masa waktu yang terbilang cukup lama untuk seekor peliharaan. 


8. Habitat

Anjing yang satu ini paling tidak cocok hidup di daerah beriklim tropis. Tapi Anda dapat mengakalinya dengan memberikan tempat tinggal yang nyaman, sejuk, atau bisa dengan memberikan pendingin ruang. 


9. Makanan anjing siberian husky

Anjing ini dapat memakan berbagai jenis makanan anjing, baik yang mentah atau matang, basah atau kering. ciri ciri anjing siberian husky yang lain adalah cara makannya yang selalu makan secukupnya tanpa harus kekenyangan. Untuk porsi makan tidak sama antar anjing husky, tergantung dari metabolisme, aktivitas, usia, ukuran, dan tingkat pertumbuhannya.


Ciri Ciri Anjing Siberian Husky - Garda Nasional

Posting Komentar untuk "9 Ciri Ciri Anjing Siberian Husky"