Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Hal Yang Harus Di Persiapkan Sebelum Anda Membangun Rumah Anda Sendiri

4 Hal Yang Harus Di Persiapkan Sebelum Anda Membangun Rumah Anda Sendiri

Biasanya, para developer properti sudah menyediakan beberapa model rumah yang akan mereka bangun atau rumah siap huni yang langsung di jual. Akan tetapi di beberapa kota seperti Jakarta anda juga bisa membangun rumah anda sendiri dengan menggunakan jasa arsitek Jakarta sehingga anda bisa menentukan desain dan konsep rumah anda sendiri agar dapat memenuhi semua kebutuhan dan keinginan anda. Selain itu dengan menggunakan jasa arsitek anda juga bisa lebih mengatur budget yang akan anda keluarkan. Akan tetapi sebelum anda membangun rumah anda sendiri ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan, yaitu adalah:

1. Lokasi

Tempat anda ingin membangun rumah ini adalah faktor utama yang harus anda perhatikan sebelum anda membangun rumah. Carilah lokasi yang dekat dengan tempat kerja anda atau yang nyaman untuk di tinggali. Selain itu pertimbangkan juga apakah lokasi tersebut aman dari banjir, dekat dengan pelayanan umum seperti rumah sakit, tempat makan dan lain sebagainya.

2. Mendapatkan Izin

Sebelum anda membangun rumah, anda harus sudah memiliki surat izin mendirikan bangunan (IMB). Biasanya dokumen ini diatur oleh pihak pengelola properti, akan tetapi apabila anda ingin membangun rumah anda secara pribadi, anda harus menyelesaikan semua perizinan terkait dengan izin membangun rumah.

3. Budget

Jumlah dana yang dianggarkan untuk membangun hunian juga sangat penting. Dan harus telah terlebih dahulu direncanakan dengan baik. Disini, Anda harus mulai menghitung detail pengeluaran dari yang paling kecil, hingga paling besar supaya lebih terperinci. Jangan lupa untuk menyisihkan uang untuk anggaran tidak terduga. Karena membangun rumah itu bukan hanya soal bangunan dan desain fisiknya saja. Namun anda juga harus mengurus masalah pajak bangunan, dekorasi, dan lain sebagainya.

4. Desain Rumah

Persiapan sebelum membangun rumah yang harus dilakukan adalah mulai membuat gambaran. Rumah seperti apa yang Anda inginkan, dan desain apa yang akan di aplikasikan. Dengan begitu, maka estimasi biaya yang harus dikeluarkan juga menjadi lebih jelas. Supaya lebih rinci, maka gambaran mengenai desain eksterior ini dapat bisa dibuat di atas kertas blue print, atau drawing. Jangan lupa juga mulai membuat gambaran desain interior. Dan mulai merencanakan tata letak ruang, sesuai yang diinginkan. Gambaran kasar ini akan sangat membantu Anda ketika berkonsultasi dengan profesional nantinya. Karena biasanya, proses ini akan sangat membingungkan dan memakan waktu.

4 hal tersebut merupakan faktor utama yang harus anda perhatikan, tentunya masih banyak lagi faktor lainnya seperti memilih kontraktor, bahan bangunan yang berkualitas dan lain sebagainya. jangan lupa untuk selalu menjaga furniture yang baru saja anda beli. Lakukanlah service berjangka kepada beberapa barang seperti service ac atau membeli mesin purifikasi oli trafo agar penggunaan listrik di rumah anda tetap aman dan teratur.

Posting Komentar untuk "4 Hal Yang Harus Di Persiapkan Sebelum Anda Membangun Rumah Anda Sendiri "