-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Daerah Penghasil Marmer Terbesar di Indonesia

Daerah Penghasil Marmer di Indonesia

Marmer merupakan batuan alam yang terbentuk dari rekristalisasi batu gamping. Batuan alam ini banyak dimanfaatkan untuk bahan baku seperti lantai, patung, meja, asbak, dan lain sebagainya. Ada beberapa daerah penghasil marmer di Indonesia yang terkenal dengan banyak penambangan batu alam ini. Berikut adalah pusat daerah penghasil marmer di tanah air nusantara.

Mengenal Daerah Penghasil Marmer terbesar di Indonesia dan Pasarnya

1. Tulungagung, Jawa Timur

Tulungagung menjadi salah satu penghasil marmer di Indonesia yang tertua yang masih berproduksi. Banyak pegunungan ditemukan di daerah ini yang menyimpan batuan marmer. Tulungagung pun menjadi daerah penghasil marmer terbesar di tanah air. Cadangan marmer yang melimpah di daerah tersebut juga menjadi pasokan untuk pasar luar negeri.


2. Makassar, Sulawesi Selatan

Sulawesi Selatan terkenal sebagai salah satu daerah penghasil marmer terbaik di tanah air. Penambangan Marmer banyak ditemukan di Makassar yang masih berproduksi untuk memenuhi pasar tanah air. Ketersediaan sumber daya alam yang melimpah membuat daerah ini dapat menjadi penghasil marmer dengan kualitas yang bagus.


3. Pangkep, Sulawesi Selatan

Penambangan marmer di daerah Pangkep, Sulawesi Selatan merupakan salah satu pemasok marmer terbaik di Indonesia. Daerah penghasil marmer di Indonesia yang satu ini masih banyak memproduksi marmer untuk pasar lokal. Dulunya, banyak penambangan marmer di daerah ini yang mengekspor bahan mentahnya. Namun sekarang, produksi marmer dari Pangkep kebanyakan adalah untuk pasar dalam negeri.


4. Agam, Sumatera Barat

Daerah Agam di Sumatera Barat menjadi salah satu penghasil marmer di Indonesia. Daerah ini memiliki cadangan batu marmer yang cukup melimpah. Pegunungan-pegunungan yang menyimpan batu alam ini banyak ditemukan di Agam. Produksi marmer dari Agam bahkan mencapai ratusan juta ton setiap tahunnya. 


5. Magelang, Jawa Tengah

Magelang menjadi salah satu daerah penghasil marmer merah yang merupakan jenis marmer langka. Penambangan marmer dapat ditemukan di daerah Salaman, Magelang. Produk marmer dengan serat merah dari Magelang ini banyak dikirimkan ke seluruh tanah air. Keberadaan marmer di daerah ini banyak dijadikan sebagai mata pencaharian warga setempat. Selain menjual marmer, lokasi-lokasi penambangan marmer juga seringkali menarik perhatikan dan menjadi tempat wisata alam. 


6. Kampung Bukit Harapan, Lampung

Walaupun tidak sepopuler Tulungagung, Kampung Bukit Harapan di Lampung juga menjadi salah satu penghasil marmer di tanah air. Produksinya mencapai puluhan ton batu marmer dari seluruh penambangan marmer di daerah ini tepatnya di Kecamatan Way Tuba. Ketersediaan cadangan batu marmer sangat berlimpah. Menjadi salah satu pemasok marmer terbanyak untuk pasar Indonesia. 


7. Aceh

Batuan marmer banyak ditemukan di bagian selatan Aceh. Sumber daya alam ini belum terlalu dimaksimalkan oleh masyarakat setempat. Banyak dari tempat-tempat yang menyimpan cadangan batu marmer dibiarkan saja. Penambangan marmer di daerah ini produksinya masih sangat rendah hanya 9 meter per hari. Bagi konsumen yang ingin memperoleh marmer Aceh, harus langsung datang ke pengrajin atau penambang marmer di daerah ini.


8. Jawa Barat

Penambangan marmer juga dapat ditemukan di daerah Bandung, Jawa Baret. Selain belerang dan emas, cadangan marmer di Jawa Barat cukup melimpah. Produksi marmer dari daerah ini banyak dijadikan sebagai lantai dan produk kerajinan. Beberapa penambangan marmer di Jawa Barat juga menjadi pemasok untuk pasar luar negeri seperti Amerika, Jepang, dan Australia.

Itulah beberapa daerah penghasil marmer di Indonesia yang memasok pasar tanah air. Produk marmer yang dihasilkan pun sangat beragam dengan kualitas yang bervariasi.


Daerah Penghasil Marmer di Indonesia - Garda nasional

Posting Komentar untuk "8 Daerah Penghasil Marmer Terbesar di Indonesia"