Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri Ciri Pohon Tin

Ciri Ciri Pohon Tin

Mungkin banyak orang yang masih awam dengan buah tin, begitu juga dengan bentuk pohonnya. Untuk itu, di sini kamu dapat mengetahui bagaimana ciri-ciri pohon tin itu. Buah tin dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam olahan makanan.

Tetapi bisa juga dimakan secara langsung, karena rasanya cukup manis. Dari segi kesehatan, buah tin bermanfaat untuk mengatasi tekanan darah tinggi dan serangan jantung, obesitas, mengurangi risiko terkena kanker payudara, kanker prostat, anemia, dan lain-lain.

Ciri-Ciri Khusus Pohon Tin

Tin (Ficus carica) merupakan tanaman yang berasal dari Asia dan disebut dengan ara. Diperkirakan masih terdapat sekitar 850 spesies tanaman tin di dunia dan masih berkerabat dekat dengan pohon beringin.

Sejak dulu tanaman ini sudah mulai dicari dan dibudidayakan sebagai tanaman hias maupun untuk diambil buahnya. Selain buahnya, bagian tumbuhan lain juga bermanfaat bagi kesehatan seperti ekstrak daun tin yang bisa mencegah terjadinya TBC.

Walaupun baik dikonsumsi dan memiliki banyak manfaat, jangan mengonsumsi tin secara berlebihan dan sembarangan karena dapat menimbulkan berbagai resiko kesehatan. Jika kamu penasaran seperti apa bentuk pohon tin, berikut beberapa ciri morfologi dari tanaman tin.

1. Memiliki Akar Serabut

Pohon tin memiliki jenis akar serabut yang kuat karena pertumbuhannya yang cukup dalam, sehingga pohon tin dapat hidup di tempat-tempat yang kering. Karena memiliki jenis akar serabut, akar akan menghasilkan cabang yang banyak untuk memperkokoh berdirinya pohon tersebut.

Pada dasarnya struktur dari akar tanaman ini berbeda-beda sesuai dengan jenis, unsur tanah, serta kelembabannya. Pada tanaman ini biasanya akan muncul tunas-tunas di sekitar akarnya, hingga tumbuh menjadi cabang atau batang yang sangat banyak. 


2. Batang Lunak dan Bergetah

Pada umumnya tanaman tin mampu tumbuh hingga tingginya mencapai 10 meter. Pohon ini bisa menumbuhkan batang yang sangat banyak yang muncul dari dalam tanah. Sehingga lama-kelamaan pohon tin akan tumbuh besar dan rimbun.

Pohon tin memiliki batang yang kurang kokoh dan kulit batang yang tebal serta licin. Batang pohon ini berwarna abu-abu kecoklatan dan lunak. Pada setiap batang dan bagian lainnya (kecuali buah) terdapat getah berwarna putih susu yang mengandung senyawa furanocoumarin.

Senyawa kimia organik tersebut dapat mengakibatkan iritasi dan gatal-gatal saat terkena kulit kamu. Namun ternyata getah tersebut juga menjadikan tanaman tin sebagai latisifer atau tanaman yang dapat memproduksi lateks (seperti pohon karet).


3. Bertulang Daun Menjari

Tanaman tin memiliki bentuk tulang daun yang menjari seperti halnya tanaman ubi dan pepaya. Namun, tanaman ini memiliki daun yang lebih tebal dan juga lebar hingga panjangnya mencapai 25 cm dan lebarnya mencapai 18 cm serta berlekuk ke dalam.

Untuk warnanya, daun tin memiliki warna hijau terang dan bertekstur kasar karena terdapat bulu-bulu kasar di bagian permukaannya. Sedangkan di bagian bawahnya terdapat bulu-bulu yang halus.

Selain lebar, daunnya juga dapat menghasilkan aroma yang harum sehingga dapat menarik perhatian serangga.


4. Jenis Tanaman Eudicot

Ciri-ciri pohon tin yang lain juga terdapat pada buahnya yang memiliki banyak biji. Buah tin berwarna hijau saat belum masak dan berwarna merah keunguan saat masak dan memiliki panjang sekitar 3-5 cm. Namun sayang, buah tin tidak dapat bertahan cukup lama setelah masak.

Banyak orang yang beranggapan bahwa tanaman tin tidak memiliki bunga karena mereka tidak bisa menemukan keberadaan bunga tersebut. Pada dasarnya buah tin yang terlihat bukanlah buah sebenarnya, melainkan organ bagian dari bunga tin yang merupakan pangkal tangkai bunga.

Disebutkan bahwa buah tin tidak bertahan lama saat masak, itu karena banyaknya serangga yang datang untuk mengambil nectar.

Hadirnya serangga-serangga tersebut juga membantu tanaman dalam melakukan proses polinasi atau penyerbukan pada bunga yang menyerupai buah tersebut. Sehingga tanaman tin pun juga termasuk dalam tumbuhan berbunga. 


5. Klasifikasi Buah Tin

Adapun klasifikasi ilmiah yang ada dalam tanaman buah tin berdasarkan taksonomi tumbuhan, antara lain sebagai berikut:

Kingdom

Plantae

Divisi

Magnoliophyta

Kelas

Magnoliopsida

Ordo

Rosales

Famili

Moraceae

Genus

Ficus

Spesies

Ficus carica L


Itulah beberapa penjelasan mengenai ciri-ciri dari pohon tin, yang dapat menjadi salah satu referensimu untuk mempelajari lebih jauh mengenai pohon ini. Dengan mengetahui ciri-cirinya, diharapkan dapat memudahkanmu dalam membudidayakan pohon tin.


Ciri Ciri Pohon Tin - Garda nasional

Posting Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Tin"