Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri Ciri Pohon Timoho

Ciri Ciri Pohon Timoho
Kleinhovia hospita atau timoho merupakan tanaman sejenis pohon yang banyak tumbuh di kawasan Asia dengan iklim tropis, terutama Indonesia dan Malaysia. Pohon timoho dikenal memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Tetapi apakah kamu tahu bagaimana ciri-ciri pohon timoho?

Secara morfologi, timoho memiliki tinggi sekitar 5 – 20 m dengan batang yang berkelok-kelok. Timoho atau dikenal pula dengan nama katihama akan mudah kamu jumpai di padang rumput, hutan sekunder, hutan jati, dan wilayah lain dengan musim kemarau yang jelas.

Ciri Ciri Khusus Pohon Timoho

Pohon belukar yang selalu berwarna hijau ini memiliki nama yang berbeda-beda di setiap daerah. Timoho adalah sebutan untuk pohon ini di daerah Yogyakarta dan sekitarnya. Sedangkan di tanah Sunda pohon ini dikenal dengan nama tengkele dan apung-apung di Sulawesi.

Meskipun dikenal dengan nama yang berbeda-beda, pohon timoho memiliki ciri-ciri yang sama. Berikut adalah ciri-ciri dari pohon timoho.

1. Akar Pohon Timoho

Dalam taksonomi tumbuhan, timoho masuk ke dalam famili Malvaceae. Pohon timoho memiliki akar jenis tunggang seperti akar papan. Sebenarnya timoho termasuk ke dalam jenis pohon belukar.

Akan tetapi, timoho memiliki akar yang cukup kuat untuk menopang batangnya yang cukup besar. Akar tersebut mampu menahan beban bagian pohon lain sehingga pohon timoho tidak mudah roboh atau tumbang.


2. Batang Pohon Timoho

Batang pohon timoho memiliki warna yang khas yakni abu-abu. Akan tetapi, bagian kayunya berwarna kuning pucat dengan serat-serat berwarna hitam yang tersebar tidak merata pada batang.

Selain itu, batang pohon timoho juga memiliki bentuk yang unik. Batangnya berbonggol-bonggol dan mempunyai banyak cabang. Kulit kayunya pun bisa dimanfaatkan untuk membunuh ektoparasit seperti kutu rambut karena kandungan senyawa cyanogenic di dalamnya.

Bagi beberapa orang, kayu timoho dipercaya memiliki kekuatan magis sehingga sering dijadikan tosan aji, sarung keris, dan gagang keris. Akan tetapi tidak semua kayu timoho bisa dijadikan aksesori benda tersebut.

Hanya kayu timoho yang memiliki corak atau pellet unik yang dipakai. Kayu timoho yang bercorak biasanya berharga sangat mahal karena keberadaannya cukup langka sehingga sangat sulit didapatkan.


3. Daun Timoho

Ciri-ciri pohon timoho yang paling jelas terlihat adalah bentuk daunnya yang bulat seperti telur dan ada yang berbentuk seperti jantung. Daun timoho ini termasuk jenis daun tunggal yang berseling. Daun timoho juga bertekstur agak kasar karena rambut-rambut halus di permukaannya.

Setiap helai daun rata-rata memiliki ukuran yang lebar yaitu 4.5 – 27 x 3 – 24 cm. Meskipun bentuknya hampir bulat, pangkal daun timoho bertulang daun menjari. Setiap helaian daun tersebut memiliki tangkai yang cukup panjang kurang lebih 3 – 10 cm.

Senyawa cyanogenic yang terkandung dalam kulit kayu timoho juga dimiliki oleh bagian daun timoho. Jadi daun timoho bisa kamu manfaatkan untuk membunuh berbagai jenis ektoparasit.

Tak hanya itu saja, daun timoho juga dipercaya bisa mengobati beberapa penyakit seperti hepatitis, tumor, penyakit kuning, dan penyakit hati. Kandungan dalam timoho yang bisa mengobati penyakit tersebut adalah kardenolin, saponin, antrakuinon, dan bufadienol.


4. Bunga Pohon Timoho

Sesuai klasifikasi, tanaman yang termasuk dalam genus Kleinhovia ini memiliki bunga yang bertajuk 5 dan berukuran sangat kecil antara 6 – 10 mm. Bunganya berwarna merah muda dan beberapa berwarna merah dengan 5 helai mahkota pada setiap tangkai.

Bunga-bunga timoho berkumpul dalam malai yang ada di ujung ranting. Bentuknya seperti kantung dengan tepi yang terlipat ke dalam dan ada satu kelopak berwarna kuning yang melekat.


5. Buah Pohon Timoho

Buah dari pohon timoho memiliki bentuk seperti buah pir yang bertaju lima. Akan tetapi ukurannya jauh lebih kecil hanya sekitar 2 cm saja. Buah timoho berwarna merah jambu perpaduan hijau dan biasanya menggantung pada ranting-ranting pohon.

Buah timoho mempunyai biji yang bentuknya hampir bulat dan berwarna coklat gelap sampai kehitaman. Biji timoho sangat kecil ukurannya yakni sekitar 1,5 – 2 mm.

Demikian sedikit ulasan mengenai ciri-ciri dan manfaat pohon timoho yang dapat menambah pengetahuanmu tentang pohon timoho lebih dalam lagi. Meskipun termasuk semak belukar, beberapa masyarakat ada yang sengaja menanam pohon ini di pekarangan rumah mereka.


Ciri Ciri Pohon Timoho - Garda nasional

Posting Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Timoho"