Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri Ciri Pohon Anting Putri


Bahasa ilmiah dari anting putri adalah Wrightia religiosa yang dipercaya bisa tumbuh hingga puluhan tahun. Tanaman ini juga masuk ke dalam keluarga berbatang keras yaitu Apocynaceae. Untuk penyebarannya ada di negara Indonesia, Filipina, Malaysia dan Cina. Mayoritas orang mendesainnya sedemikian rupa agar terlihat lebih indah. Yuk simak ini dia ciri-ciri pohon anting putri.

Ciri-Ciri Pohon Anting Putri yang Wajib Diketahui

Sebenarnya lumayan sulit menemukan pohon anting putri di alam liar. Hal ini dikarenakan ia hanya bisa hidup di daerah tropis dataran tinggi. Jika kamu memang ingin mencarinya maka lebih baik mencari tahu informasi secara jelas dan rinci, karena tak jarang juga pohon jenis lain yang sangat mirip dengan anting putri. 


Kamu juga perlu tahu, jika masih berusia di bawah dua tahun, maka pohon ini lebih tampak seperti tanaman hias pada umumnya. Sedangkan jika sudah lebih dari dua tahun, maka ia akan menunjukkan jati dirinya dengan batang yang berubah warna menjadi kecoklatan. Lalu apa saja sih ciri selanjutnya? Simak beberapa poin di bawah ini:

Batang Pohon Anting Putri

Ciri pertama adalah pohonnya yang terkesan mirip pohon liar di daerah hutan dan pegunungan. Namun yang membedakan adalah ketika berusia di atas lima tahun ia akan sangat mudah dikenali dengan ciri kehitaman seperti yang sudah dijelaskan di atas. Selain itu cabangnya juga tidak terlalu banyak hanya sampai tengah saja, ramping dan panjang. 


Untuk batangnya, tidak ada penyakit atau hama serius yang bisa merusak pohon ini begitu saja. Maksimal hanyalah bercak dan jamur yang menyerang daun saja. Jika kamu menemukannya di hutan, jangan buru-buru ditebang untuk dijadikan kayu bakar ya, perhatikan terlebih dahulu karena bisa menjadi pundi-pundi ekonomi.

Daun Anting Putri

Ciri yang kedua adalah daunnya yang berbentuk lonjong atau oval. Terdiri dari garis berpasangan (berlawanan), berbentuk runcing hingga ke ujung. Jika diukur memiliki panjang 3-6 cm dan lebar 2-3 cm. Apabila masih muda maka berwarna hijau kekuningan, tapi jika sudah tua akan berwarna hijau matang.

Baca juga: Ciri Ciri Pohon Anggrek

Bunga Anting Putri

Bunga anting putri pada umumnya berwarna putih, tumbuh dengan merunduk di ujung dahannya. Setiap bunga mampu menghasilkan dua buah yang bentuknya strip panjang. Jika dicium, bunga anting putri sangat harum karena memiliki 5 kelopak aprikot.

Semakin indah jika sudah mekar. Satu lagi, bunga ini termasuk tanpa musim alias bisa tumbuh sepanjang tahun. Nampaknya hal inilah yang ditonjolkan ketika ada pameran atau perlombaan tanaman. 

Akar

Ini adalah komponen paling penting dalam semua tumbuhan, tanpa akar mereka tidak akan bisa hidup. Tanaman anting putri berakar rumbai dengan serat kecil mengelilingi akar utamanya. Bagian inilah yang menjadi daya tarik, semakin menjalar dan besar maka nilai jualnya juga semakin tinggi.

Namun kamu juga harus tetap berhati-hati karena bagaimanapun juga akar memiliki lapisan yang tipis dan mudah patah. Bagaimana apakah tertarik?

Cara Pembudidayaannya

Anting putri dapat dibudidayakan dengan cara menyetek akar atau semai biji.Pertama dengan cara stek akar, hasil potongannya diletakkan pada tanah yang berdrainase baik, tidak kering namun juga tidak terlalu basah. Jika syarat tersebut sudah dipenuhi maka tunas baru akan muncul dalam jangka waktu 1-2 bulan. 

Namun beberapa orang lebih suka menggunakan cara semai biji di dalam polybag atau pot terlebih dahulu kemudian dipindah ke tempat yang lebih layak. Hal ini dikarenakan cara stek lebih rentan gagal dan membusuk dibanding semai biji yang musuhnya hanya bercak daun saja, itupun bisa disembuhkan dengan obat.

Sebenarnya, manfaat pohon anting putri memang tidak terlalu banyak. Namun jika kamu sudah berhasil membudidayakan atau mengkreasikannya maka bisa menjadi bisnis yang menjanjikan. Selain itu tanaman ini juga bisa digunakan sebagai obat herbal dan bunganya untuk keperluan hias.

Beberapa ciri-ciri pohon anting putri di atas harus benar-benar kamu pahami agar bisa membedakan mana pohon biasa yang tidak menghasilkan nilai ekonomis dan mana anting putri yang menjanjikan. Perawatannya juga tidak cukup sulit, karena tanaman yang tumbuh di alam biasanya lebih mudah untuk beradaptasi, baik saat musim hujan atau kemarau.


Ciri Ciri Pohon Anting Putri  - Garda Nasional

Posting Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Anting Putri "