Ini Tipsnya Raih Kebebasan Finansial dengan Investasi Saham

Mayoritas masyarakat Indonesia tidak memiliki perencanaan keuangan yang matang sehingga sulit meraih kebebasan finansial. Padahal, tingkat inflasi di Indonesia lebih tinggi daripada jumlah bunga yang dihasilkan dari tabungan di bank. Untuk itu, Anda harus menyiapkan masa depan sedini mungkin agar mendapatkan kebebasan finansial dengan investasi saham bagi pemula. Berikut tipsnya:

1. Melakukan Analisis Kondisi Keuangan Anda

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan agar meraih kebebasan finansial dengan investasi saham bagi pemula bisa dengan melakukan analisis terhadap keuangan Anda saat ini. Sebelum memutuskan untuk berinvestasi, pastikan Anda telah memenuhi semua kebutuhan untuk dana darurat dan asuransi terlebih dahulu.

Namu disarankan, ketika berinvestasi sebaiknya menggunakan uang dingin. Maka, cobalah analisis terlebih dahulu jumlah total pemasukan dan pengeluaran Anda setiap bulannya.

Setelah memiliki data yang lengkap, barulah Anda dapat menentukan berapa kisaran dana yang dapat Anda gunakan untuk berinvestasi.

2. Lunasi Utang

Utang menjadi hambatan dari tercapainya tujuan kebebasan finansial. Selama ada utang yang belum dibayar, Anda harus memprioritaskan pelunasannya.

Jika hutang sudah lunas, berarti hutang tidak akan menjadi penghambat dalam kebebasan finansial.

3. Patuhi Anggaran yang Telah Ditentukan

Setelah mengetahui berapa kisaran dana yang dapat digunakan untuk berinvestasi setiap bulannya, Anda harus mematuhi untuk konsisten mengalokasikan anggaran tersebut.

Namun, sebaiknya tetap memprioritaskan investasi saham, sehingga tidak menggunakan sisa dana setiap bulan. Meskipun awalnya mungkin akan terasa sulit, namun jika sudah sering melakukannya Anda akan mulai terbiasa.

Maka dari itu, penting untuk konsisten melakukan investasi agar segera meraih kebebasan finansial dengan investasi saham bagi pemula.

4. Membuat Keputusan Berdasarkan Analisis

Ketika sudah memahami terkait investasi saham, ada baiknya Anda bersikap bijak dalam mengambil keputusan saat ingin menjual atau membeli saham lagi.

‚ÄĆPastikan Anda mengambil keputusan berdasarkan analisis terlebih dahulu, baik fundamental maupun teknikal. Hal ini penting agar Anda tidak mengambil keputusan secara emosional terkait investasi tersebut.

Itulah tips kebebasan finansial dengan investasi saham bagi pemula yang bisa digunakan. Saat ini MOST juga menyediakan produk investasi reksa dana yang murah dan bisa dibeli mulai dari Rp 10.000 serta bebas pajak di https://www.most.co.id/reksa-dana .

Tinggalkan komentar