Close
Cara Mudah Membuat Blog Bagi Pemula - Garda Nasional -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Membuat Blog Bagi Pemula


Anda tertarik menjadi seorang blogger? Namun, bingung memulainya dari mana. Jangan khawatir, sekali pun pemula, Anda bisa membuat blog secara mudah. Cara membuat blog bagi pemula bisa dilakukan melalui beberapa langkah. Apa saja tahapannya? Ini deskripsinya!

Apa Itu Blog?

Pertama-tama, Anda harus tahu apa itu blog.  Jika mengacu pada beberapa referensi, merupakan satu di antara jenis website yang menyajikan tulisan dengan topik yang beragam. Tersaji dalam bentuk yang berbeda-beda, bisa berupa catatan pribadi, pameran online dan sebagainya. 

Blog umumnya tersaji dengan teksi yang dilengkapi gambar, video hingga penyematan laman penting. Setiap pengunjung diberikan fasilitas untuk mencurahkan kritik dan saran terkait blog tersebut. Dalam hal ini, sang blogger serta audiens-nya bisa berkomunikasi via online. 

Cara Membuat Blog Bagi Pemula

Lalu, bagaimana cara membuat blog bagi pemula? Sulitkah atau tidak? Anda tidak perlu bingung, pasalnya terdapat beberapa tahapan yang bisa Anda terapkan secara mudah. Berikut ini tips membuat blog yang bisa dicoba!

Menentukan Niche 

Pertama-tama, Anda harus menentukan niche yakni sejenis topik yang akan digunakan pada blog. Anda bisa memilih topik yang paling disukai, menulis konten pun akan lebih menyenangkan. 

Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengangkat tema berbasis bisnis, jika memang terdapat proyek yang sedang digarap. Informasikan apapun terkait layanan produk terkait, mulai dari visi, misi hingga manfaatnya. 

Memilih Web Hosting

Berikutnya, pilihlah web hosting yang tepat untuk blog Anda. Banyak pilihan web hosting yang tersedia. Pastikan untuk memiilih kualitas terbaik di antara yang terbaik. Selain itu, setiap jenis web hosting bayar bulanan dengan paket yang bermacam-macam. Sesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Ketika memilih web hosting, Anda harus memperhatikan proses set up, customer support, biaya langganan dan sebagainya. Berikutnya, pilihlah yang paling sesuai untuk blog yang akan Anda bangun. 

Mendaftarkan Nama Domain

Cara membuat blog bagi pemula lainnya harus mendaftarkan nama domain. Sebuah alamat URL yang harus disajikan seunik mungkin, tapi mudah diingat pengunjung. Hindari pemilihan domain secara terburu-buru. Pertimbangkan sematang mungkin dan manfaatkan tool domain name generator guna menemukan domain yang tepat. Berikutnya, nama domain terpilih akan tersaji secara kombinasi dengan ekstensi yang tepat. 

Menginstal Platform

Lakukan penginstalan terkait platform yang dimiliki. Untuk pemula disarankan menggunakan platform Sistem Manajemen Konten atau CMS. Melalui platform ini, Anda bisa membangun blog tanpa coding, membuat konten, mengatur tampilan antarmuka, dan sebagainya. 

Mempublikasikan Konten

Tahapan selanjutnya, Anda harus mempublikasikan konten secara berkala. Berikutnya, Anda bisa mengembangkan blog yang dimiliki dengan konten yang bermanfaat. Konten yang tersaji haruslah menarik, sehingga mampu menarik minat pengunjung.

Pada dasarnya untuk mengembangkan blog yang dimiliki membutuhkan startegi tepat. Anda bisa memoles blog dengan visual yang lebih menarik. Selain pastikan konten yang disajikan merupakan sesuatu yang dibutuhkan pengunjung. 

Mempromosikan Blog

Jangan lupa untuk mempromosikan blog yang Anda bangun. Agar konten yang tersaji bisa bermanfaat untuk banyak orang, Anda bisa melakukan promosi blog dengan mengirimkannya via media social yang tersedia. Dalam hal ini, Anda harus senantiasa update terkait informasi blog.

Promosi bisa dilakukan via mulut ke mulut. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan blog ke mesin pencari. Caranya bagaimana? Anda harus menambagkan blog dengan membuat akun google terlebih dahulu, lalu gunakan fasilitas submit URL di Webmaster tool. 

Menghasilkan Uang

Siap untuk menghasilkan uang. Sekali pun Anda pemula, jika blog yang dimiliki tersaji dengan baik, maka memungkinkan untuk mendapatkan pundi rupiah. Selain tempat penyalur opini Anda, blog bisa menjadi sumber penghasilan. 

Caranya pun beragam, mulai dari pasang iklan, mengikuti afiliasi, membuat postingan bersponsor hingga menyajikan penjualan tertentu. Banyak orang yang memanfaatkannya guna mendapatkan pundi rupiah. Anda pun bisa mencoba cara tersebut.

Nah, itulah beberapa cara membuat blog bagi pemula. Semoga informasi di atas bisa menjawab kebingungan Anda. Mulai saat ini juga untuk membangun blog bermanfaat dan menghasilkan. Lakukan dengan tekun dan sungguh-sungguh. Selamat berkarya!

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Membuat Blog Bagi Pemula"