Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Ciri Ciri Anjing Shih Tzu

Ciri Ciri Anjing Shih Tzu

Anjing memang sudah menjadi salah satu peliharaan manusia yang begitu familiar. Banyak kalangan masyarakat di berbagai belahan dunia telah memelihara hewan tersebut sebagai salah satu teman yang setia bagi manusia. Ada berbagai jenis anjing, salah satunya shih tzu. Jenis tersebut merupakan salah satu kelompok yang mempunyai ukuran mini. Bentuknya begitu mungil dan nampak sangat menggemaskan. Ada berbagai ciri ciri anjing shih tzu yang membuat manusia tertarik.

Morfologi dan Ciri Ciri khusus Anjing Shih Tzu asli

1. Bentuk tubuh

Sesuatu yang paling nampak dari anjing yang satu ini adalah ukuran tubuhnya yang kecil. Tinggi dari salah satu jenis anjing yang begitu menggemaskan ini hanya berkisar antara 20 hingga 28 centimeter saja. Sangat kecil terutama jika dibandingkan dengan beberapa spesies sejenisnya. Beratnya pun juga tidak mencapai 10 kilogram.

Akan tetapi, ciri ciri anjing shih tzu tersebut yaitu mempunyai panjang tubuh yang lebih daripada tingginya. Itulah sebabnya ia begitu unik dan berbeda dari jenis anjing kecil selainnya. Bentuk kepalanya terlihat cenderung bulat. Secara keseluruhan, hewan tersebut mempunyai otot yang kuat dan dadanya cukup lebar. Hal tersebut membuat semua kakinya bisa diarahkan ke segala penjuru. 

Artikel terkait: Ciri Ciri Anjing Beagle

2. Mata dan mulutnya

Organ penglihatannya rata-rata berwarna hitam dengan bentuk seperti bola kelereng. Matanya biasa sedikit tertutupi oleh beberapa bulunya. Hal itulah yang membuatnya nampak begitu imut untuk menjadi peliharaan di rumah. Bulu dari atas kelopak mata serta atas hidungnya cukup lebat.

Ciri ciri anjing shih tzu salah satunya yaitu mulutnya yang berwarna hitam manis. Meskipun bulu pada tubuhnya memiliki variasi warna yang berbeda, namun pada umumnya bibir binatang mungil ini tetap berwarna demikian. Di dalamnya terdapat rangkaian gigi yang rapi. Jumlah giginya seimbang dan proporsional. Bagian atasnya lebih condong ke depan daripada bawahnya, namun tidak membuat anjing jenis ini bermoncong tajam. 


3. Bulu yang dimiliki

Ini adalah ciri ciri anjing shih tzu yang cukup mencolok jika dibandingkan dengan berbagai macam spesies tersebut. Saking panjangnya, bulu yang terdapat di seluruh tubuhnya mampu menutupi secara penuh beberapa bagian tubuhnya. Ekornya nampak hanya terdiri dari deretan rambut halus yang berwarna-warna. Hal tersebut karena ukuran ekornya memang cukup kecil menyesuaikan ukurannya.

Selain itu, telinganya juga hampir tak nampak karena bulu di sekitarnya cukup lebat menutupinya. Pada bagian hidungnya pun juga banyak rambut, hanya pada lubangnya saja yang tidak tertutup dan cukup terbuka menganga. Pada bagian tersebut juga ada kumis layaknya anjing lainnya. Kumis tersebut terkulai ke bawah menutupi pipi binatang yang satu ini. 

Artikel terkait: daerah penghasil garam

4. Perilaku anjing shih tzu

Anjing yang satu ini gemar menggigit beberapa benda untuk menajamkan gigi yang dipunyainya. Hal tersebut hampir sama dengan beberapa jenis lainnya. Namun, ini hanya sering terjadi pada saat mereka masih berusia belia dan memang masih dalam proses perkembangan. Ia setia terhadap pemiliknya sehingga seringkali mengikuti kemanapun sang tuan pergi. Itu cukup menyulitkan ketika sang majikan akan pergi bekerja atau pergi ke tempat-tempat manapun. 

Artikel terkait: Daerah Penghasil Marmer

Ciri ciri anjing shih tzu yaitu pada saat bertemu seseorang untuk pertama kalinya, ia tidak cukup percaya diri. Ia cenderung akan bersembunyi namun sebenarnya tertarik untuk mengajak bermain. Ia cukup mudah untuk menyesuaikan dengan lingkungan sekitar dan gampang untuk dipandu. Oleh sebab itulah memeliharanya tidak cukup sulit dan mudah untuk bergaul dengan anak kecil.


Ciri Ciri Anjing Shih Tzu - Garda Nasional

Posting Komentar untuk "4 Ciri Ciri Anjing Shih Tzu"