Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Vaksin Sinovac Sudah Siap Edar di Indonesia

Vaksin Sinovac Sudah Siap Edar di Indonesia

Pandemi covid 19 hingga saat ini masih menghantui dunia. Sudah banyak cara dilakukan oleh pemerintah untuk menangani pandemi ini. Akan tetapi usaha tersebut masih belum membuahkan hasil. Berita bagus yang yang baru-baru ini beredar adalah sudah siapnya vaksin sinovac untuk menanggulangi pandemi.

Berdasarkan data yang ada, sudah lebih dari sekitar 390000 jiwa di Indonesia yang terjangkit Corona. yang meninggal juga sudah mencapai lebih dari 13000 orang. Sedangkan orang yang dinyatakan sembuh dari Corona adalah sekitar 313.000 lebih jiwa.

Vaksin menjadi salah satu solusi yang diharapkan dapat menghentikan penyebaran virus. Pemerintah Indonesia kini sudah menyiapkan vaksin sinovac yang berasal dari Tiongkok. Pengadaan vaksin ini membutuhkan waktu yang lama karena harus melalui berkali-kali uji klinis untuk mendapatkan vaksin yang aman dan efektif.

Tahapan Uji Klinis Vaksin Sinovac

Sebelum vaksin ini beredar di masyarakat tentu sudah dilakukan penelitian dan pengujian secara ketat. Dibutuhkan sekitar 1 tahun untuk mendapatkan vaksin yang efektif dan minim resiko. Di Indonesia sendiri vaksin sinovac sudah melalui uji klinis. Berikut ini tahapan-tahapan vaksin sebelum nantinya di berikan kepada masyarakat Indonesia.

1. Uji klinis dan Pemberian Dosis Pertama

Untuk bisa mendapatkan vaksin ini, ilmuwan Tiongkok sudah melakukan berbagai macam penelitian. Bahkan pada tanggal 21 Oktober kemarin vaksin sudah diberikan kepada sekitar 1620 sukarelawan.

2. Pemberian Vaksin Dosis Kedua

Setelah dilakukan uji klinik fase ketiga dan sudah dilakukan pemberian dosis pertama, selanjutnya tentu harus dilakukan pemberian dosis kedua. Pada pemberian vaksin dosis kedua terdapat sekitar 1074 sukarelawan.

3. Melihat Hasil Reaksi Pemberian Vaksin

Pemberian vaksin kepada sukarelawan dilakukan untuk mengetahui tingkat efektivitas vaksin. Selain itu nantinya juga akan dapat dilihat apakah setelah diberi vaksin terdapat efek samping yang muncul atau tidak.

4. Vaksin Dinyatakan Aman

Setelah dilakukan penelitian yang cukup jauh dan pemberian dosis pertama serta kedua tidak memberikan efek samping yang buruk, maka selanjutnya vaksin baru bisa diberikan kepada masyarakat secara luas.

Vaksin sinovac terkini sudah memasuki uji klinis fase ke-3 dan sudah dinyatakan aman untuk diberikan kepada masyarakat luas. Beberapa vaksin lain yang juga yang kini masuk dalam uji klinis tahap 3 antara lain seperti moderna, astrazeneca, hingga Jhonson pharmaceutical companies.

5. Pendistribusian Vaksin Sinovac

Setelah vaksin dinyatakan aman dan mendapatkan izin dari BPOM maka vaksin siap untuk diberikan kepada masyarakat. Target dari kementerian kesehatan menyebutkan bahwa sekitar 170 juta orang perlu untuk mendapatkan vaksin. Bahkan saat ini Indonesia sudah mempersiapkan sekitar 340 juta dosis vaksin untuk masyarakat.

Prioritas kelompok yang harus mendapatkan vaksin dimulai dari para tenaga medis karena mereka merupakan garda terdepan dalam menanggulangi pandem ini.

Pemerintah belum menyebutkan seperti apa dan bagaimana cara untuk mendapatkan vaksin dan berapa kira-kira harga untuk vaksin sinovac ini. Kita perlu menunggu pengumuman dari pemerintah mengenai kelanjutan dari pendistribusian vaksin.

Setelah vaksin didistribusikan kepada masyarakat Indonesia, diharapkan agar pandemi segera berakhir. Apabila pandemi corona sudah selesai, tentu masyarakat dapat beraktivitas dengan tenang menjalani hidup seperti sedia kala.

Jika Anda membutuhkan informasi yang lebih lengkap mengenai corona atau bahkan tentang vaksin sinovac, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter menggunakan aplikasi Halodoc. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk terhubung dengan dokter spesialis secara mudah tanpa harus keluar rumah.


Vaksin Sinovac Sudah Siap Edar di Indonesia - Garda nasional

Posting Komentar untuk "Vaksin Sinovac Sudah Siap Edar di Indonesia"