Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri Ciri Pohon Ulin

Ciri Ciri Pohon Ulin

Pohon ulin merupakan salah satu tanaman yang dapat kamu temukan di Kalimantan. Ciri-ciri pohon ulin yang paling menonjol adalah batang kayunya yang sangat besar dan kuat sehingga pohon ini juga disebut dengan kayu besi.

Karena kelebihannya tersebut, banyak masyarakat yang memanfaatkan kayu ulin sebagai bahan bangunan dan berbagai hal, sehingga lambat laun populasinya pun mulai berkurang. Untuk mengenali lebih dalam tentang pohon ulin, simak beberapa ciri morfologi dari pohon ulin berikut.

Ciri Ciri Khusus Pohon Ulin

1. Memiliki Jenis Akar Tunggang

Rata-rata pohon yang besar dan tinggi memiliki jenis akar tunggang untuk menahan batang pohon agar tidak mudah tumbang, begitu juga dengan pohon ulin. Tumbuhan yang memiliki akar tunggang juga pasti termasuk tumbuhan yang berkembangbiak dengan biji.

Karena besar dan tinggi, pohon ini memiliki akar yang sangat kuat untuk menunjang batangnya agar lebih kokoh dan tidak mudah tumbang saat tertiup angin.


2. Batang Berkayu

Pohon ulin memiliki batang kayu yang umumnya tumbuh lurus dengan tinggi mencapai 50 meter, berdiameter relatif besar, serta memiliki sedikit cabang.

Inti kayu dari pohon ulin ini berwarna coklat muda hingga coklat kekuningan dan saat dibiarkan lama-kelamaan akan berwarna menjadi coklat gelap hingga kehitaman. Selain itu, pohon ulin memiliki kulit kayu yang cukup tebal dan bertekstur licin.

Hal yang istimewa dari kayu pohon ini adalah sifatnya yang sangat keras dan kuat sehingga memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Karena hal tersebut, kayu ulin ini dieksploitasi secara berlebihan hingga populasinya pun berkurang dan hampir punah. 


3. Bertulang Daun Menyirip

Seperti tumbuhan berkayu lainnya, daun pohon ulin memiliki bentuk tulang daun yang menyirip serta berwarna hijau. Daunnya juga berbentuk elips hingga bulat telur dan ujung yang runcing dengan panjang 14 – 18 cm dan lebar sekitar 5 – 11 cm.

Permukaan daunnya memiliki tekstur yang kasar dan tidak terdapat bulu-bulu halus, sedangkan pada bagian bawahnya terdapat bulu halus pada tangkai daunnya. Daun pohon ulin selalu berguguran di sepanjang tahunnya tetapi dengan jumlah yang sedikit.


4. Berbiji Monokotil

Buah dari pohon ulin berbentuk elips hingga bulat dan berjenis buah batu serta berbiji satu atau monokotil. Di dalam buah ulin terdapat biji yang relatif besar dengan panjang sekitar 5 – 15 cm.

Kulit dari biji tersebut sangat keras dan memiliki alur berwarna coklat muda. Buah ulin ini memiliki bentuk yang relatif kecil dengan panjang sekitar 7 – 16 cm. 


5. Bunga Berkelamin Dua

Pohon ulin ternyata memiliki bunga dengan kelamin ganda (hermaphrodite), yang mana memiliki benang sari (alat kelamin jantan) maupun putik (alat kelamin betina) dalam satu buah bunga. Bunga seperti itu sering disebut dengan bunga sempurna.

Karena bersifat hermaphrodit, bunga ulin memiliki bentuk artinomorfik atau simetri bentuk bintang, dan bunga ini lebih banyak dijumpai. Bunga ulin memiliki warna kuning atau keunguan.

Bagian bunga ulin terdiri dari 6 tepal dengan 2 lingkaran dan benang sari yang tersusun atas 4 lingkaran, dimana lingkaran ke 3 merupakan fertil.


6. Klasifikasi Tumbuhan Ulin

Pohon ulin diklasifikasikan ke dalam keluarga Lauraceae yang merupakan suku tumbuhan besar dan hanya hidup di daerah tropis, sehingga sangat mudah dijumpai di daerah Asia Tenggara seperti Indonesia, Filipina, dan Malaysia.

Berdasarkan taksonomi tumbuhan, berikut merupakan klasifikasi tanaman ulin atau nama latinnya adalah Eusideroxylon zwageri.

Kriteria

Keterangan

Kingdom

Plantae

Divisi

Spermatophyta

Sub Divisi

Angiospermae

Kelas

Dicotiledoneae

Ordo

Laurales

Family

Lauraceae

Genus

Eusideroxylon

Species

Eusideroxylon zwageri T. et B.



7. Dapat Hidup Di Tempat Dengan Kesuburan Rendah

Pada dasarnya pohon ulin tumbuh di daerah tropika basah, tapi ternyata pohon ini mampu hidup dan tumbuh pada tempat dengan kondisi tanah yang kurang subur dengan nutrisi yang rendah.

Selain itu juga, tanaman ini mampu hidup pada tanah berkapur dengan pengairan yang baik. Karena hal tersebut, pohon ulin ini tergolong tanaman yang cukup dalam pertumbuhannya.

Itulah beberapa ciri ciri pohon ulin yang bisa kamu pelajari untuk lebih mengenal tentang bagaimana pohon ulin itu. Dan juga karena pohon ulin ini sudah mulai berkurang keberadaannya, akan sedikit sulit bagi kamu untuk untuk menjumpainya di sembarang tempat.


Ciri Ciri Pohon Ulin - Garda nasional

Posting Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Ulin"