Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri Ciri Pohon Dewandaru

Ciri Ciri Pohon Dewandaru

Pohon dewandaru merupakan tanaman yang seringkali dikaitkan dengan mitos-mitos yaitu sejenis kayu bertuah. Nama ilmiah dari tanaman ini adalah Eugenia uniflora. Di beberapa daerah di Indonesia mempunyai sebutan lain untuk pohon dewandaru, yakni belimbing londo, asam selong, dan cereme asam. Pada ulasan kali ini kamu akan mengetahui tentang morfologi pohon dewandaru.

Tanaman dewandaru tergolong ke dalam klasifikasi famili Myrtaceae. Asal tanaman dewandaru ialah dari Amerika Serikat yang beriklim tropis, tepatnya di sekitar pesisir pantai. Tinggi pohon dewandaru sekitar 2 hingga 5 meter. Salah satu manfaat yang bisa kamu dapatkan dari tanaman ini adalah bisa digunakan untuk mengatasi tekanan darah tinggi dan meningkatkan kualitas astringent.


Ciri-Ciri Pohon Dewandaru

Ciri atau karakteristik pohon dewandaru secara umum yaitu mudah tumbuh di berbagai tempat serta tahan terhadap serangan hama. Meskipun berasal Amerika serikat, namun pohon ini telah tersebar luas di daerah Indonesia, terutama Jawa dan Sumatera. Banyak negara yang dengan sengaja membudidayakan tanaman ini, seperti negara Brasil, Uruguay, Argentina, dan lain sebagainya.

Pohon dewandaru mempunyai berbagai macam manfaat. Kandungan yang dimiliki oleh daun dewandaru dapat dimanfaatkan untuk menurunkan kolesterol. Selain itu, dewandaru juga berguna sebagai efek proteksi pada level protein yang rendah dan trigliserida. Dan tanaman ini juga mempunyai berbagai kandungan yang bermanfaat baik untuk kesehatan manusia.

Berikut ciri-ciri yang dimiliki oleh pohon dewandaru asli pada setiap bagian tubuhnya:

Daun

Tanaman dewandaru mempunyai daun tunggal dengan bentuk tepi yang rata dan meruncing pada pangkalnya. Sedangkan bentuk tulang daunnya ialah menyirip serta cenderung panjang. Permukaan daun dewandaru sangat halus dan licin karena mempunyai semacam lapisan lilin.

Daun tanaman dewandaru yang masih muda memiliki warna merah, sedangkan yang sudah tua akan berubah warna menjadi hijau. Daun ini mempunyai manfaat untuk mengusir lalat. Caranya ialah dengan menghancurkan daunnya, sehingga menghasilkan bau yang tidak disukai lalat. Di beberapa daerah di Uruguay memanfaatkan daun ini sebagai minuman teh.


Batang

Batang pohon dewandaru tingginya dapat mencapai 5 meter. Jenis batangnya ialah berkayu, keras, dan kuat. Oleh karena itu, tidak heran jika tanaman ini mampu bertahan hidup cukup lama. Permukaan batang pohon ini berwarna coklat serta teksturnya kasar. Bentuk batang tanaman dewandaru ialah bulat dan arah tumbuhnya tegak ke atas.

Akar

Sistem perakaran pada tanaman dewandaru adalah akar tunggang. Terdiri dua bagian akar pada pohon ini, yakni akar pokok dan cabang-cabang akar. Akar pokok tanaman dewandaru berasal dari akar lembaga. Adanya cabang-cabang akar berfungsi untuk menyerap atau mencari nutrisi sebanyak mungkin.

Akar pohon dewandaru cenderung kuat, sehingga tanaman ini dapat bertahan hidup cukup lama hingga tahunan. Seperti akar pohon pada umumnya, akar dewandaru juga berwarna coklat.

Bunga

Bunga tanaman dewandaru mempunyai warna kuning dan putih susu. Ukuran bunga dewandaru cenderung kecil dan mungil. Dalam setiap bunga terdapat empat kelopak dengan warna putih. Sedangkan benang sari bunga dewandaru juga memiliki warna putih mencolok dan ujungnya berwarna kuning.

Bentuk bunga pohon dewandaru adalah bunga tunggal, yang artinya setiap tangkai hanya terdapat satu bunga. Bunga dewandaru mempunyai jenis kelamin ganda atau setiap bunga terdapat benang sari serta putik. Pada bagian putik berbentuk silindris, sedangkan mahkota bunganya berbentuk seperti kuku manusia.

Buah

Tanaman dewandaru menghasilkan buah yang bentuknya bulat berlekuk-lekuk seperti labu dan ukurannya mungil. Buah dewandaru yang sudah matang mempunyai warna merah tua semu kehitaman. Rasa buah dewandaru sangat bervariasi tergantung pada tingkat kematangan serta kultivarnya.

Namun, pada umumnya buah dewandaru mempunyai rasa yang cenderung asam dan sedikit manis. Biasanya buah ini digunakan sebagai basa atau penyedap pada pembuatan jeli dan selai. Vitamin yang terkandung dalam buah dewandaru ialah vitamin C dan vitamin A.

Biji

Ciri-ciri pohon dewandaru yang terakhir ialah terletak pada bagian bijinya. Biji tanaman dewandaru mempunyai sifat yang keras. Warna bijinya ialah coklat dengan ukuran yang sangat kecil.

Pohon dewandaru merupakan tanaman yang memiliki banyak manfaat pada bagian bunga dan daunnya. Oleh karena itu, banyak negara yang sengaja melestarikan dan membudidayakan tanaman ini untuk diambil manfaatnya. Selain itu, perawatan pohon dewandaru juga sangat mudah, umurnya panjang, serta mudah tumbuh di berbagai tempat.


Ciri Ciri Pohon Dewandaru - Garda Nasional

Posting Komentar untuk "Ciri Ciri Pohon Dewandaru"